Pahala Dilipat Gandakan, Inilah Keutamaan Puasa Syawal 6 Hari setrlah Idul Fitri

- 11 April 2024, 07:02 WIB
Ilustrasi: Allah akan melipatgandakan pahala seseorang yang melaksanakan ibadah puasa Syawal selama 6 hari setelah Hari Raya Idul Fitri.
Ilustrasi: Allah akan melipatgandakan pahala seseorang yang melaksanakan ibadah puasa Syawal selama 6 hari setelah Hari Raya Idul Fitri. /*//Pexels/Engin Akyurt

MANTRA SUKABUMI - Ibadah puasa Syawal 6 hari dilaksanakan mulai dari hari kedua setelah Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri.

Umat Muslim yang melaksanakannya harus tau akan keutamaan dari puasa Syawal, salah satunya dilipat gandakan pahala oleh Allah SWT.

Hukum melaksanakan puasa Syawal 6 hari ini sunah. Namun, Allah akan melipat gandakan pahalanya sebanyak 10 kali lipat bagi yang melaksanakannya.

Baca Juga: Niat Puasa Syawal 6 Hari setelah Lebaran Idul Fitri 1444 H Lengkap Tata Cara Pelaksanaan dan Keistimewaannya

Lantas, apa saja keutamaan puasa Syawal 6 hari bagi yang melaksanakannya setelah Hari Raya Idul Fitri Berikut ulasannya yang dirangkum Mantra Sukabumi.

1. Pahala Dilipatgandakan

Pahala kedua akan mendapatkan ganjaran sebanyak 10 kali lipat bagi yang menjalankan ibadah puasa syawal.

Sebagaiman dijelaskan dalam hadist yang diriwayatkan Abu Ayyub: "Barangsiapa mengerjakan puasa enam hari bulan Syawal selepas Idul Fitri berarti ia telah menyempurnakan puasa setahun penuh. Dan setiap kebaikan diganjar sepuluh kali lipat."

2. Menyempurnakan Ibadah

Puasa syawal merupakan puasa yang menjadi penyempurna ibadah wajib. Puasa syawal juga menjadi penyempurna kekurangan-kekurangan yang terdapat pada bulan suci Ramadhan.

Seperti yang kita tahu, setiap manusia pastinya tidak luput dari salah dan dosa selama sebulan menjalankan puasa Ramadhan.

Halaman:

Editor: Encep Faiz


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah