Kapan Anak Harus Tidur Pisah Dengan Orangtua, Simak Penjelasannya

- 29 Juni 2020, 21:16 WIB
ilustrasi seorang anak foto: pixabay

MANTRA SUKABUMI - Anak merupakan anugerah yang sangat luar biasa bagi orangtuanya. Banyak diantara kita merasa ada sesuatu yang kurang saat rumah tangganya tidak dikaruniai anak.

Selain anugerah, anak juga merupakan amanah yang harus dijaga dengan baik dan akan diminta pertanggungjawabannya kelak di akhirat.


Diantara kewajiban orangtua dalam menjaga anugerah dan amanah yamg dititipkan oleh Allah SWT adalah merawat anak dengan baik, mendidiknya dengan penuh kasih sayang, dan mengajari etika serta adab, salah satu diantaranya dengan memisah tempat tidur mereka.

Baca Juga: Pria Muslim Gugat Perusahaan karena Lakukan Diskriminasi, Larang Salat 5 Waktu di Tempat Kerja

Terkait hal ini kapan anak harus dipisah tidurnya dengan orangtua? menurut pendapat ulama adalah saat usia 10 tahu. Hal demikian seperti dijelaskan dalam hadits:

مُرُوا أَوْلَادَكُمْ بِالصَّلَاةِ وَهُمْ أَبْنَاءُ سَبْعِ سِنِينَ، وَاضْرِبُوهُمْ عَلَيْهَا، وَهُمْ أَبْنَاءُ عَشْرٍ وَفَرِّقُوا بَيْنَهُمْ فِي الْمَضَاجِعِ

“Perintahlah anak-anak kalian untuk melakukan shalat saat mereka berumur tujuh tahun, pukullah mereka (jika tidak melaksanakan shalat) saat mereka telah berumur sepuluh tahun, dan pisahlah tempat tidur di antara mereka” (HR Abu Daud).

Baca Juga: Aksi Bocah Selamatkan Sang Ibu Saat Terjebak dalam Mobil Dapat Pujian Sang Ayah dan Komandan Polisi

Berdasarkan hadits ini, para ulama berpandangan bahwa tempat tidur anak harus dipisah, baik dengan orang tua ataupun saudaranya, tatkala anak sudah menginjak usia sepuluh tahun.

Halaman:

Editor: Fauzan Evan

Sumber: NU Online


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X