Ingin Dapat Bansos BLT BBM Rp600 Ribu? Daftar DTKS Kemensos Segera, Mudah Bisa Lewat HP

- 31 Agustus 2022, 22:18 WIB
Ilustrasi Bisa lewat HP, ini cara daftar DTKS Kemensos agar bisa mendapatkan bantuan BLT BBM Rp60 ribu yang mulai cair 1 September 2022.
Ilustrasi Bisa lewat HP, ini cara daftar DTKS Kemensos agar bisa mendapatkan bantuan BLT BBM Rp60 ribu yang mulai cair 1 September 2022. /*/Pexels/Ahsanjaya

MANTRA SUKABUMI - Dijadwalakan cair mulai 1 September 2022, lakukan segera daftar Data Terpadu Kesejahteraan Sosial atau DTKS Kementerian Sosial.

Hal tersebut menjadi salah satu syarat untuk mendapatkan subsisdi bahan bakar minyak atau bansos BBM.

Seperti disampaikan Menteri Sosial, Tri Rismaharani, bansos BBM yang akan dicairkan mulai besok merupakan bantuan langsung tunai atau BLT sebesar Rp600 ribu per penerima.

Baca Juga: 4 Daerah Jawa Barat yang akan Diberlakukan Uji Coba MyPertamina Per 1 Juli 2022 Saat Pengisian BBM Bersubsidi

Adapun besar anggaran yang akan digelontorkan untuk bansos BBM sebesar Rp12,4 triliun.

Mekanismenya, BLT Rp600 ribu sebagai pengalihan dari subsisidi BBM akan dicairkan dalam dua kali pencairan.

Sementara untuk teknis pencairan BLT Rp600 ribu sebagai bansos BBM masih dalam penggodokan antara Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker).

Meski salah satu syarat penerima bansos BBM bagi pekerja yang memiliki gajih tidal lebih dari Rp3,5 juta, namun BLT Rp600 ribu ini bukan BSU bagi pekerja.

Target penerima BLT Rp600 ribu sebagai bansos BBM yakni 16 juta pekerja yang terdaftar di DTKS Kemensos.

Halaman:

Editor: Encep Faiz


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x