Cek Fakta: Selamat Anda Mendapatkan BLT Mitigasi Pangan Rp 1,2 Juta? Simak Penjelasannya

- 12 Februari 2024, 08:40 WIB
Cek Fakta: Selamat Anda Mendapatkan BLT Mitigasi Pangan Rp 1,2 Juta? Simak Penjelasannya
Cek Fakta: Selamat Anda Mendapatkan BLT Mitigasi Pangan Rp 1,2 Juta? Simak Penjelasannya /

MANTRA SUKABUMI - Beredar sebuah pesan berantai di media sosial yang mengklaim bahwa pemerintah akan memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Mitigasi Pangan sebesar Rp 1,2 juta kepada masyarakat miskin. Pesan tersebut juga menyebutkan bahwa bantuan tersebut akan cair pada bulan Februari 2024.

Benarkah klaim tersebut?

Faktanya:

Klaim tersebut tidak benar. Kementerian Sosial (Kemensos) tidak pernah mengumumkan program BLT Mitigasi Pangan senilai Rp 1,2 juta.

Pemerintah memberikan tiap keluarga Rp600 ribu, bukan Rp1,2 juta. Uang ini diberikan setiap bulan selama tiga bulan, mulai Januari hingga Maret 2024. Uang tersebut akan diberikan pada Februari dan Maret secara bersamaan.

Baca Juga: Cuma Modal KTP, Bisa Dapat Bansos Rp 600 Ribu! Begini Caranya Buka Link cekbansos.kemensos.go.id Disini

BLT Mitigasi Pangan merupakan program yang dicanangkan Presiden Jokowi untuk membantu masyarakat pada saat harga pangan sedang naik, saat terjadi perubahan pada musim panen, dan pada saat hari raya keagamaan.

Bantuan ini diperuntukkan bagi 18,8 juta keluarga yang terdaftar mendapatkan dukungan dari Kementerian Sosial.

Penanggung jawab perekonomian negara tersebut mengatakan, program baru bernama BLT Mitigasi Risiko Pangan kini diberikan kepada kelompok masyarakat yang sama yang dulu menerima program berbeda bernama BLT El Nino. Ia juga mengatakan, BLT Mitigasi Risiko Pangan tidak sama dengan bantuan pangan beras yang diberikan kepada 22 juta orang.

Halaman:

Editor: Ade Saepul Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x