Kabar Gembira Pemerintah Optimis Tambahkan 3 Juta UMKM Online Hingga Desember 2020

- 19 Oktober 2020, 16:31 WIB
Daftar BLT UMKM Online Resmi Dibuka, Login Depkop.go.id Sekarang, Rp2,4 Juta  Langsung Cair
Daftar BLT UMKM Online Resmi Dibuka, Login Depkop.go.id Sekarang, Rp2,4 Juta Langsung Cair /depkop.go.id/

MANTRA SUKABUMI - Pemerintah optimistis hingga Desember 2020 akan ada 3 juta pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang masuk ke ekosistem online dalam inisiasi Bangga Buatan Indonesia (BBI).

Ternyata target 2 juta itu sudah terpenuhi bulan lalu, September 2020. Diperkirakan sampai Desember mungkin akan ada tambahan 1 juta lagi jadi sekitar 3 juta UMKM online.

Jumlah UMKM yang masuk ke ekosistem digital masih kecil. Pasalnya, hingga saat ini, baru sekitar 10 juta UMKM dari total sekitar 60 jutaan UMKM yang masuk ekosistem digital.

Baca Juga: Gatot Nurmantyo Angkat Bicara Terkait Pelengseran Jokowi: Saya Sudah Rakyat Biasa, Pensiunan Tentara

Baca Juga: Kemnaker Sebut Dana BLT BPJS Ketenagakerjaan yang Sudah Dicairkan Mohon Dikembalikan, Ini Alasannya

Jika dibandingkan rata-rata nilai transaksi digital Indonesia selama 6 bulan pertama yakni Januari-Juni 2019 dengan 2020, jumlah transaksi tahun 2020 naik sampai 2 kali lipat tapi nilai pembeliannya lebih kecil.

Kemenko Perekonomian mencatat, kegiatan ekonomi berbasis sharing,platform economy, khususnya e-commerce, marketplace, fintech, dan ride sharing, telah menjadi penggerak dan showcase bagi ekonomi digital di Indonesia.

Potensi ekonomi digital Indonesia juga disebut mencapai 133 miliar dolar AS pada 2025 mendatang dari total potensi seluruh ASEAN sebesar 300 miliar dolar AS. Ada pun potensi e-commerce se-Asia Tenggara mencapai 153 miliar dolar AS pada 2025.

Kementerian Koordinator Perekonomian optimis program 3 juta UMKM digital bisa tercapai di akhir tahun 2020. Target tersebut dinaikkan karena 2 juta UMKM telah tercapai pada September lalu. Dengan begitu Pemerintah menambah kuota 1 juta UMKM lagi.

Halaman:

Editor: Abdullah Mu'min

Sumber: Kemenkominfo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah