Nilai Mata Uang Lira Melemah atas Dollar AS , Erdogan Copot Gubernur Bank Sentral Turki

- 8 November 2020, 07:30 WIB
Ilustrasi uang lira
Ilustrasi uang lira /

MANTRA SUKABUMI - Lemahnya nilai mata uang lira terhadap mata uang AS, Erdogan mengambil keputusan, mencopot Mursal Uysal sebagai gubernur bank sentral Turki, pada Sabtu, 7 November 2020.

Melemahnya mata uang lira hingga mencapai 30 persen, dari mata uang AS berujung pencobotan gubernur bank sentral dan digantikan oleh Naci Agbal mantan menteri keuangan.

Keputusan untuk menggantikan Murat Uysal sebagai gubernur dibuat dengan keputusan presiden, yang diumumkan dalam Berita Resmi negara. Tidak segera jelas mengapa Uysal diganti.

Baca Juga: Nikmati Makan Kenyang dan Hemat Dengan ShopeePay Deals Rp1

Baca Juga: Jarang Diketahui, 10 Cara Obati Sakit Gigi Secara Alami dan Terbukti Mujarab

Sebagaimana dilansir mantrasukabumi.com dari laman aljazeera.com pada Minggu, 8 November 2020.

Lira ditutup pada 8,5445 terhadap dolar pada hari Jumat, 6 November 2020. Setelah menyentuh rekor terendah 8,58 meskipun dolar melemah karena suara masih dihitung dalam pemilihan AS.

Erdogan menunjuk Wakil Gubernur Uysal untuk memimpin bank sentral pada Juli 2019 ketika dia memecat pendahulunya Murat Cetinkaya.

Pencopotan Murat Cetinkaya juga terjadi di tengah frustrasi presiden karena bank tidak menurunkan suku bunga untuk meningkatkan perekonomian.

Naci Agbal menjabat sebagai Menteri Keuangan dari tahun 2015 hingga 2018 saat dilantik sebagai Kepala Direktorat Strategi dan Anggaran Presiden.

Halaman:

Editor: Emis Suhendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x