DPR Dorong Kementan untuk Menjamin Ketersediaan Bibit Unggul di Indonesia

- 13 September 2020, 20:10 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi /Sigit Angki Nugraha/

MANTRA SUKABUMI - Kementerian Pertanian diharapkan bisa menjamin ketersediaan bibit unggul di seluruh Indonesia.

Karena itulah Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) berharap Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) bisa membangun lembaga-lembaga penelitian dan sentra-sentra bibit di daerah.

"Sehingga petani tidak tergantung lagi dengan bantuan bibit setiap tahun. Kalau sudah ada balai-balai pembibitan di daerah, bibit-bibitnya bisa disebar ke petani,” kata Suhardi Duka, Anggota Komisi IV dari Fraksi Partai Demokrat dalam Rapat Dengar Pendapat Komisi IV DPR RI bersama Kementerian Pertanian di Gedung DPR, Jakarta, Jumat 11 September 2020.

 Baca Juga: Jika Dua Pekan Kasus Covid-19 Terus Melonjak, PSBB DKI Dilanjutkan

Baca Juga: Berbagai Sektor Tutup, Tapi Anies Izinkan Ojol Angkut Penumpang Selama PSBB Total, Ini Penjelasannya

Sebagaimana dikutip mantrasukabumi.com dari antaranews.com, Rapat tersebut membahas Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) Kementan tahun 2021 serta usulan program yang akan didanai oleh Dana Alokasi Khusus (DAK).

Anggota Komisi IV lainnya, dari Fraksi Partai Nasdem, Abdullah Tuasikal, berharap Balitbangtan meningkatkan peran Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) serta membangun Kebun percobaan untuk tanaman hortikultura, perkebunan, maupun pangan-pangan lokal.

Sementara itu Azikin Solthan, Anggota Komisi IV dari Fraksi Gerindra berharap agar benih padi dikembangkan di wilayah yang ada balai penelitiannya, sehingga bisa disesuaikan kondisi masyarakat.

Baca Juga: Resmi Berlaku Senin Besok, Warga Jawa Timur Akan Dikenai Denda Rp250 Ribu Bila Langgar Aturan Ini

Halaman:

Editor: Abdullah Mu'min

Sumber: Permenpan RB


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x