Kabar Gembira, Kemenparekraf Akan Apresiasi 2 Juta Pelaku UMKM untuk Siap Go Digital

- 11 November 2020, 17:50 WIB
Ilustrasi UMKM.
Ilustrasi UMKM. /Diskominfo Jawa Barat/Humas Jabar

MANTRA SUKABUMI - Untuk mengapresiasi para pelaku UMKM yang berpartisipasi aktif dalam program Bangga Buatan Indonesia (BBI), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggelar malam Anugerah Bangga Buatan Indonesia 2020 yang akan berlangsung pada Desember 2020. 

Sekain itu, Kemenparekraf juga menargetkan hingga akhir tahun 2020 ada sebanyak 2 juta yang siap menjadi pelaku UMKM go digital.

Wishnutama Kusubandio selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif juga mengungkapkan, bahwa dalam program Bangga Buatan Indonesia, pemerintah mendorong pelaku UMKM go digital dengan mengedepankan kearifan lokal sebagai daya tarik utama.

Baca Juga: Kampanye ShopeePay Deals Rp1 Lebih Meriah di 11 November

Baca Juga: Partai Demokrat Berduka, Anak SBY yang Pertama AHY: Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un

"Dalam setiap tantangan kita harus bisa mencari peluang dan jalan keluar. Cara untuk melihat peluang di masa pandemi ini adalah pelaku UMKM harus bisa beradaptasi dan berinovasi dengan cepat. Salah satu upayanya adalah dengan go online, karena hal ini dapat membantu banyak usaha termasuk produk kreatif agar bisa bertahan dan mempunyai pasar yang jauh lebih luas," ungkap Wishnutama, yang dikutip mantrasukabumi.com pada Rabu, 11 November 2020 dari RRI.

Wishnutama mengatakan pandemi COVID-19 memberikan dampak yang besar, namun di sisi lain juga mendorong pelaku UMKM untuk lebih meningkatkan kehadiran produk-produk lokal yang inovatif dan memiliki daya saing tinggi dengan memaksimalkan kearifan lokal sebagai ciri khas.

“Untuk itu penting bagi pelaku UMKM untuk terus meningkatkan kapasitas diri dan mempelajari potensi-potensi yang ada. Juga memanfaatkan perkembangan teknologi dalam hal ini platform digital," kata Wishnutama.

Ketua Umum Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) Bima Laga juga sangat mengapresiasi semangat yang ditunjukkan para pelaku UMKM untuk bisa bangkit dari kondisi ekonomi pasca-pandemi ini.

Baca Juga: Akan Temui Habib Rizieq di Acara Pernikahan Syarifah Najwa, Sosok Orang Tua Ini Berharap Sesuatu

Baca Juga: Mudah Ditemukan di Pasar, Penelitian Buktikan Bengkuang Dapat Lancarkan Pencernaan

“Banyak yang membuka diri dan tetap bersemangat bangkit melalui industri digital yang terbilang baru bagi Sebagian dari mereka. Ada banyak potensi di sektor digital yang bisa dimanfaatkan para pelaku UMKM," tandas Bima.

Kemenparekraf bersama Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) menggelar malam Anugerah Bangga Buatan Indonesia 2020 yang akan berlangsung pada Desember 2020 sebagai bentuk apresiasi kepada pelaku UMKM yang berpartisipasi aktif dalam program Bangga Buatan Indonesia (BBI) 2020.

Malam Anugerah Bangga Buatan Indonesia membuka 11 kategori antara lain Kecantikan dan Kebugaran, Fashion, Kriya, Kuliner, Manufaktur, Aplikasi, Game, Musik, Events, Animasi, dan Film.

Ada tiga finalis dari masing-masing kategori yang kemudian dipilih masyarakat Indonesia melalui proses online voting pada akhir November 2020. Masyarakat bisa mulai melakukan online voting pada 20 November-5 Desember 2020.**

Editor: Abdullah Mu'min

Sumber: RRI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x