5 BLT yang Siap Cair Juni 2021, Berikut Cara Dapatkan Bansos Tunai dan Cek BLT UMKM Rp1,2 Juta

- 3 Juni 2021, 16:29 WIB
5 BLT yang Siap Cair Juni 2021, Berikut Cara Dapatkan Bansos Tunai dan Cek BLT UMKM Rp1,2 Juta
5 BLT yang Siap Cair Juni 2021, Berikut Cara Dapatkan Bansos Tunai dan Cek BLT UMKM Rp1,2 Juta /Kabar Joglosemar/Galih Wijaya


MANTRA SUKABUMI – Pemerintah akan kembali menyalurkan 5 Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk masyarakat yang terkena dampak pandemi Covid-19.

5 BLT ini akan cair pada Bulan Juni 2021, seperti Bantuan Sosial (Bansos) Tunai dan segera cek BLT Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Rp1,2 Juta untuk pelaku usaha.

Tidak hanya Bansos Tunai dan BLT UMKM Rp1,2 juta saja masih ada BLT lain yang akan cair pada bulan Juni 2021, seperti Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Diskon Listrik, dan BLT Dana Desa.

Baca Juga: Tanggapi Makelar Kasus di KPK, Novel Baswedan: Penyidiknya Malah Dipecat Melalui TWK

BLT ini yang akan di segera disalurkan ini mudah-mudahan bisa membantu masyarakat untuk menigkatkan daya beli dan konsumsi masyarakat, apalag di masa pandemi Covid-19 ini.

Untuk masyarakat yang ingin mengetahui mendapatkan atau tidak salah satu dari 5 BLT tersebut bisa melakukan cek secara online melalui link yang telah disediakan oleh penyalur.

Dirangkum mantrasukabumi.com dari berbagai sumber, mengenai 5 BLT yang siap cair pada bulan Juni 2021, yaitu sebagai berikut:
 
Bansos Tunai

Bansos Tunai Rp300.000 ribu ini akan kembali disalurkan oleh bahkan pihaknya memastikan bahwa bantuan ini akan diperpanjang.

Pencairan Bansos Tunai ini akan disalurkan dengan dirapel, jadi pencairan yang bulan lalu akan ditarik ke Juni 2021, sehingga masyarakat akan menerima sebesar Rp600.000.

Dikutip dari berbagai sumber berita, sebagaimana disampaikan oleh Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan Rahayu Puspasari, mengingatkan kepada masyarakat bahwa Bansos Tunai ini akan dicairkan kembali pada Juni 2021.

Baca Juga: Direktur Penyidik KPK Tanggapi Makelar Kasus di Lembaga KPK

Namun Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan Rahayu Puspasari, mengintakan kembali pencairan Bansos Tunai ini tidak tepat pada tanggal 1, namun tunggu saja yang pasti akan cair Juni ini.

Untuk melakukan cek penerima Bansos Tunai bisa mengakses link cekbansos.kemensos.go.id, lalu masukan Alamat dan nama Anda.

BLT UMKM atau BLT BPUM

BLT UMKM 2021 ini akan dicairkan kembali kepada 9,8 juta pelaku usaha, bantuan BPUM tahun ini nilainya tidak sebesar tahun lalu yaitu Rp2,4 juta, tahun sekarang akan disalurkan sebesar Rp1,2 juta.

Bantuan ini akan disalurkan kepada pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang siap disalurkan pada Juni 2021 oleh Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop-UKM).

Bantuan BLT UMKM ini akan disalurkan oleh Kemenkop-UKM kepada pelaku usaha mikro melalui bank penyalur seperti BRI dan BNI, dan mendapatkan bantuan modal usaha sebesar Rp1,2 juta.

Bantuan BLT UMKM 2021 ini akan diberikan satu kali pencairan tidak berlanjut seperti bantuan lainnya yang cair bulan Juni ini.

Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan BLT UMKM 2021 ini haru memiliki usaha dan mendaftarkannya dengan melampirkan persyaratan yang telah ditentukan ke dinas koperasi sesuai domisili.

Untuk pelaku usaha yang terverifikasi serta dinyatakan mendapatkan bantuan BLT UMKM Rp1,2 juta, bisa dilakukan pengecekan secara mandiri.

Pelaku usaha yang menerima BLT UMKM Rp 1,2 juta bisa cek melalui laman eform.bri.co.id/bpum untuk nasabah BRI.

Sedangkan untuk penerima BLT UMKM Rp 1,2 juta yang menjadi nasabah BNI bisa cek di laman banpresbpum.id.

Selanjutnya bagi pelaku usaha yang sudah terdaftar untuk menerima bantuan BLT UMKM 2021 untuk segera mendatangi bank penyalur dengan membawa dokumen sebagai berikut:

Baca Juga: KRMT Roy Suryo Ungkap Alasan Kereta Cepat Jakarta-Bandung Disebut Sebagai Kecebong

- e-KTP

- fotokopi Nomor Induk Berusaha (NIB) atau Surat Keterangan Usaha (SKU) dari kepala desa/kelurahan.

- Kartu Keluarga

Selanjutnya, penerima BLT UMKM akan mengkonfirmasi dan menandatangani surat pertanggungjawaban mutlak sebagai penerima

Setelah dilakukan verifikasi dokumen dan data, oleh bank penyalur pelaku usaha selanjutnya mencairkan dana BLT UMKM Rp 1,2 juta secara langsung dan sekaligus.

Diskon listrik PLN

Bantuan lain yang akan cair pada Juni 2021 dan diterima oleh masyarakat diskon listrik dari PLN. Bantuan diskon listrik akan menyasar pada pelanggan listrik yang berkapasitas 450 VA dan 900 VA serta pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM).

Akan tetapi stimulus bantuan diskon dan token listrik ini tidak diberikan gratis 100 persen seperti dulu, Melainkan separuh atau 50 persen diskon.

Adapun Cara untuk mendapatkan diskon dan token listrik pun berbeda. Untuk pelanggan listrik yang berkapasitas 450 VA akan mendapatkan diskon dan token listrik sebesar 50 persen.

Untuk pelanggan listrik yang reguler atau pasca bayar, diskon 50 persen akan diterima saat pembayaran rekening listrik.

Sementara itu untuk pelanggan listrik prabayar, akan mendapatkan diskon 50 persen secara otomatis diterima saat pembelian token.

Skema diskon listrik ini juga berlaku untuk pelanggan bisnis kecil, industri kecil, dan rumah tangga, dengan daya 450 VA.

Sementara itu untuk pelanggan listrik yang berkapasitas 900 VA akan mendapatkan diskon dan token listrik sebesar 25 persen.

Adapun untuk cara mendapatkan stimulus gratis dari PLN hampir sama dengan pelanggan listrik berkapasitas 450 VA.

Untuk pengguna reguler (pasca bayar), diskon 25 persen akan diterima saat pembayaran rekening listrik.

Lalu untuk pengguna listrik prabayar, yang akan mendapatkan diskon 25 persen, secara otomatis diterima saat pembelian token.

Yang perlu diperhatikan, diskon berlaku sampai dengan pemakaian maksimal selama 720 jam nyala.

Baca Juga: Lirik Lagu Hati yang Kau Sakiti Rossa OST Sinetron Suara Hati Istri yang Kini Viral, Cek Link Video Klipnya

Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)

BPNT merupakan salah satu bantuan sosial (Bansos) pangan yang diberikan non tunai oleh pemerintah, serta disalurkan setiap satu bulan sekali.

Bantuan BPNT ini diberikan kepada masyarakat sebesar Rp200 ribu perbulan, untuk mekanisme bantuan hanya untuk membeli bahan pangan di elektronik-warung yang sudah bekerjasama dengan bank penyalur.

Jadi untuk bantuan ini tidak berbentuk uang berupa kebutuhan pangan seperti telur, buah-buahan, kacang hijau, dan beras.

Bagi masyarakat yang ingin mengetahui mendapatkan bantuan BPNT atau tidaknya bisa cek di laman cekbansos.kemensos.go.id.

 BLT Dana Desa

Bantuan selanjutnya yang akan cair bulan Juni 2021 yaitu BLT Dana Desa.

Bantuan BLT Dana Desa ini merupakan salah satu Bansos yang siap dicairkan pada bulan Juni 2021 guna membantu memulihkan perekonomian serta menghadapi dampak pandemi Covid-19.

Bantuan BLT Dana Desa ini diberikan kepada keluarga miskin yang berada di desa, bantuan ini berupa uang sebesar Rp300 ribu, bantuan ini diambil dari Dana Desa.

Adapun untuk kriteria penerima BLT Dana Desa yaitu keluarga miskin atau tidak mampu yang berdomisili di desa tersebut.

Perlu diingat bantuan ini akan diberikan kepada masyarakat miskin andaikata ia tidak menerima bantuan seperti Kartu Sembako, Kartu Prakerja, Bansos Tunai, dan PKH, dan program bansos lainnya.

Bagi masyarakat yang ingin mengetahui menerima atau tidaknya bantuan BLT Dana Desa bisa mengecek dilaman sid.kemendesa.go.id.

Nah itulah 5 BLT yang siap cair pada bulan Juni 2021, ada Bansos Tunai Rp300.000. BLT UMKM 2021 Rp1,2 juta, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Diskon Listrik, dan BLT Dana Desa.***

Editor: Emis Suhendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah