Jeruk dan Jambu Biji Merah Dapat Menangkal Covid-19, Simak Faktanya

- 28 Maret 2020, 07:35 WIB
Jus Jeruk Nipis .*/Pikiran-Rakyat.com

Penyebaran virus Corona di Indonesia makin meluas. Sejak diumumkan adanya kasus positif corona di Indonesia, kini korban yang terifeksi sudah mencapai lebih dari 1000 orang.

Tragisnya, korban yang meninggal hampir mendekati angka 100 orang.

Berbagai cara pencegahan dan pengobatan dilakukan masyarakat Indonesia untuk menghindari paparan virus Covid-19 tersebut.

Baca Juga: Mudik Lebaran Tahun ini, Achmad Yurianto: Pulang Kampung Boleh Asal Metodenya Benar

Mulai dari sering cuci tangan dengan sabun, menjaga jarak sosial, dan berdiam diri menjadi himbauan rutin yang disampaikan oleh pemerintah.

Tak hanya itu, kampanye  menjaga kesehatan agar tidak mudah diserang oleh virus juga harus dilakukan.

Belum lama ini, Tim periset dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Institut Pertanian Bogor, Departemen Ilmu Komputer, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) IPB bersama Tim periset dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI), Farmasi UI, Pusat Studi Biofarmaka Tropika (TropBRC), telah melakukan penelitian bioinformatika untuk menemukan senyawa yang berpotensi untuk melawan Covid-19. 

Baca Juga: Gara-gara Nekat Beli Sup Iga, Pria Singapura Diancam Denda Rp 100 Juta

Guru Besar IPB University yang juga Kepala Pusat Biofarmaka Tropika (TropBRC), Prof Irmanida Batubara menuturkan, senyawa yang ditemukan berasal dari golongan flavonoid, salah satunya hesperidin. Menurut Irmanida, Hesperidin disinyalir bisa memberikan perlindungan terhadap mikroba dan virus.

Halaman:

Editor: Abdullah Mu'min

Sumber: Pikiran-Rakyat.com


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X