Cara Atasi Gula Darah secara Alami, Pilihan Sehat Tanpa Obat Kimia

- 20 April 2024, 09:17 WIB
Ilustrasi: Bisa menimbulkan masalah kesehatan tubuh dan berbagai penyakit, ini cara mengatasi kadar gula darah tak terkendali.
Ilustrasi: Bisa menimbulkan masalah kesehatan tubuh dan berbagai penyakit, ini cara mengatasi kadar gula darah tak terkendali. /*//Unsplash/Towfiqu barbhuiya

 

MANTRA SUKABUMI - Gula darah, juga dikenal sebagai glukosa darah, adalah kadar glukosa (gula) dalam darah seseorang pada suatu waktu tertentu. Glukosa adalah sumber energi utama bagi tubuh manusia, dan kadar gula darah yang stabil penting untuk menjaga fungsi tubuh yang optimal.

Kadar gula darah dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk makanan yang dikonsumsi, tingkat aktivitas fisik, dan kadar hormon dalam tubuh. Ketika kita makan makanan yang mengandung karbohidrat, seperti roti atau nasi, tubuh memecah karbohidrat menjadi glukosa, yang kemudian diserap ke dalam darah. Hormon insulin kemudian membantu glukosa masuk ke dalam sel-sel tubuh untuk digunakan sebagai energi atau disimpan untuk digunakan nanti.

Kadar gula darah yang terlalu tinggi atau terlalu rendah dapat menyebabkan masalah kesehatan. Kadar gula darah yang tinggi (hiperglikemia) dapat menunjukkan masalah seperti diabetes atau resistensi insulin, sementara kadar gula darah yang rendah (hipoglikemia) dapat menyebabkan gejala seperti pusing, gemetaran, dan kelelahan.

Baca Juga: Kalap Makan Daging selama Libur Lebaran 2024, Ini Ramuan Alami Ampuh Turunkan Kolesterol Tinggi

Mengukur dan memantau kadar gula darah secara teratur penting bagi orang dengan kondisi seperti diabetes untuk mengelola kadar gula darah mereka dan mencegah komplikasi yang terkait dengan fluktuasi kadar gula darah yang tidak terkontrol.

Gula darah yang tidak terkendali dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan serius seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan masalah metabolisme lainnya. Namun, mengelola gula darah tidak selalu harus melibatkan obat-obatan kimia. Ada berbagai cara alami yang dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil tanpa efek samping yang merugikan. 

Pola Makan Sehat

Pola makan yang sehat dan seimbang merupakan kunci utama dalam mengontrol gula darah. Hindari makanan tinggi gula dan karbohidrat sederhana, dan pilihlah makanan tinggi serat, protein, dan lemak sehat seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Olahraga Teratur

Berolahraga secara teratur dapat membantu tubuh menggunakan gula darah secara lebih efisien. Aktivitas fisik seperti berjalan kaki, berlari, atau berenang dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Halaman:

Editor: Encep Faiz


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah